Perkembangan Pola Pangan di Indonesia

291 views

Wyzu.Net – Perkembangan Pola Pangan di Indonesia, Perkembangan Pola Pangan di Indonesia

Perkembangan Pola Pangan di Indonesia
Jenis bahan makanan pokok yang ditanam disuatu daerah banyak bergantung dari iklim dan keadaan tanah, sehingga didapat pola bahan makanan pokok sebagai berikut:

  • Pola beras (konsumsi karbohidrat berasal dari beras > 90% total kalori karbohidrat.
  • Pola beras- jagung serta beras-jagung dan umbi-umbian (pola beras-jagung: konsumsi beras terbesar, jagung > 10% dan tanaman lain < 5%; pola beras-jagung dan umbi-umbian: konsumsi beras terbesar , jagung > 10% dan umbi-umbian > 5%).
  • Pola beras-umbi-umbian (konsumsi beras terbesar, umbi-umbian = 10%, lainnya < 5%).
  • Pola beras-umbi-umbian-jagung (konsumsi beras terbesar , umbi-umbian = 10% dan jagung = 5%).

      Dari data diatas dapat dilihat bahwa sebagian besar penduduk Indonesia menggunakan beras sebagai bahan makanan pokok. Dilihat dari nilai gizinya, padi-padian (beras dan jagung) lebih baik daripada umbi-umbian. Disamping nilai energi, padi-padian relatif lebih banyak mengandung protein daripada umbi-umbian.

Perkembangan Pola Pangan di Indonesia
Gambar Grafik

Dalam pencapaian pola makan nasioanl kita berharap bahwa segala yang telah direncanakan dapat teraplikasi dengan baik guna menunjang kebutuhan dari kecukupan bahan pangan yang tentunya dapat dicapai dengan kerja sama antara pihak-pihak yang telah bertanggung jawab atas pekerjaan ini.
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Perkembangan Pola Pangan di Indonesia, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Perkembangan Pola Pangan di Indonesia berguna untuk anda.

Leave a reply "Perkembangan Pola Pangan di Indonesia"

No related post!